Tips Memilih Tempat Bimbel PKN STAN

By | May 29, 2022
Spread the love

Di Indonesia banyak kampus yang bisa dijadikan pilihan ketika sudah menyelesaikan pendidikan SMA/SMK. Beragam pilihan tadi mulai dari perguruan tinggi negeri (PTS), perguruan tinggi swasta (PTS) dan perguruan kedinasan.

Alasan Harus Masuk Ke PKN STAN

Berbicara mengenai sekolah kedinasan, salah satu yang populer adalah PKN STAN yang berdampak pula pada bimbel STAN yang mudah kalian temukan. Sekolah ini menawarkan cukup banyak keuntungan dan berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kalian harus berkuliah di PKN STAN.

  • Tidak Dipungut Biaya

Alasan yang pertama tentu saja karena saat berkuliah di sini kalian tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis. Semua biaya pendidikan seluruhnya akan ditanggung pemerintah lewat Kementerian Keuangan.

Bila dibandingkan dengan tempat lainnya tentu saja berkuliah di STAN akan menguntungkan. Bahkan biaya hidup kalian akan ditanggung oleh kampus, jadi pada saat kalian masuk ke STAN tentu akan sangat meringankan beban orang tua.

  • Dipandang Baik Oleh Masyarakat

Saat akan menjadi mahasiswa PKN STAN tentu saja harus melewati ujian masuk. Seperti yang kalian ketahui jika ujian masuknya cukup ketat dan tentunya tidak mudah. Banyak pesaing bahkan jumlahnya sampai ribuan dan saling berlomba untuk menjadi yang terbaik.

Setiap tahunnya ada sekitar 65 ribu orang yang saling bersaing untuk mendapatkan 3,5 ribu kursi. Jadi jika kalian berhasil masuk ke STAN tentunya akan menjadi kebanggaan keluarga, bukan hanya itu saja bahkan kalian akan mendapatkan pandangan baik dari masyarakat.

  • Lulus Langsung Bekerja

Saat ini mencari kerja tergolong sangat sulit dilakukan, akan tetapi hal itu tidak akan pernah dihadapi oleh lulusan PKN STAN. Terdapat jaminan ikatan dinas untuk kalian yang berprestasi, nantinya kalian akan disebarkan pada instansi ataupun lembaga pemerintah di bawah naungan Kementerian Keuangan.

  • Ada di 12 Provinsi

Kampus STAN sudah cukup banyak tersebar di Indonesia lebih tepatnya di 12 Provinsi. Beberapa daerah tadi seperti Pekanbaru, Medan, Balikpapan, Palembang, Jakarta, Pontianak, Cimahi, Makassar, Malang, Jogjakarta, Manado serta Bali.

  • Langsung Jadi PNS

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa lulusan PKN STAN akan disebarkan ke berbagai macam instansi pemerintah. Jadi secara langsung akan menjadi seorang PNS atau Pegawai Negeri Sipil.

Jadi kalian tidak perlu repot-repot lagi mengikuti tes CPNS dan ada jaminan kerja setelah lulus. Bahkan tidak dipungkiri gaji dari lulusan STAN akan membuat kalian hidup lebih sejahtera pada usia yang tergolong muda.

Tips Memilih Bimbel Untuk PKN STAN

Melihat berbagai macam prospek yang ditawarkan jika kalian menjadi lulusan PKN STAN tentu sangat menggiurkan. Jika kalian tertarik masuk ke sana tentu saja harus mempersiapkan diri sebaik mungkin, salah satunya dengan mengikuti bimbel STAN.

Saat ini banyak sekali bimbel yang mengkhususkan diri untuk ujian masuk ke PKN STAN. Akan tetapi bagi kalian yang merasa sedikit kebingungan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian praktikan untuk memiliki bimbel terbaik.

  1. Cara Pembelajaran

Salah satu prioritas pada saat akan belajar yaitu melihat bagaimana atau cara pembelajarannya. Sistem pembelajaran yang baik sangat diperlukan sehingga ketika kalian belajar di bimbel tersebut benar-benar merasa paham akan apa yang diajarkan.

Bimbel terbaik tentunya akan memiliki cara serta solusi tersendiri agar para siswa yang ikut di dalam bimbelnya bisa lolos SPMB. Sistem pembelajarannya meliputi implementasi serta proses pembelajaran, target, kompetensi serta parameter output yang nantinya akan dihasilkan.

Tidak hanya itu saja, jika kalian paham sistem pembelajaran di dalam bimbel tentu akan lebih mudah dalam memahami berbagai macam materi yang ada. Terlebih lagi jika pembelajarannya menggunakan sistem yang menarik.

Pastikan juga bahwa sistem pembelajaran yang tersedia itu offline dan online. Sehingga ketika kalian selesai belajar di kelas, bisa belajar lagi melalui aplikasi online yang disediakan oleh bimbel tadi. Jika tidak memiliki sistem online, pastikan jika buku pembelajarannya lengkap dan mudah dipahami.

  1. Layanan Pendidikan

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah layanan pendidikannya. Semua bimbel yang ada pastinya kan memberikan layanan pendidikan yang bagus untuk siswanya. Maka dari itu sangat penting bagi kalian untuk bisa memilih bimbel dengan layanan yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh yaitu layanan pendidikan yang memiliki faktor eksternal yang terintegrasi dengan sistem pembelajarannya. Jika begitu tentu saja kalian akan lebih mudah dalam penguasaan materi yang diberikan oleh pihak bimbel.

Bimbel yang baik juga menyediakan informasi seputar perkembangan belajar, pendampingan khusus, evaluasi rutin serta problem solving. Layanan pendidikan yang bagus akan membuat bimbel tadi menjadi profesional, jadi sebelum menentukan pilihan pastikan terlebih dahulu bimbel yang akan dipilih tadi.

  1. Metode Belajar

Beberapa dari kalian pernah mengalami satu keadaan dimana sekeras apa pun belajar tidak pernah paham mengenai materi yang diajarkan. Jika iya maka bimbel yang kalian ikuti menerapkan metode belajar yang kurang tepat.

Bimbel yang baik tentunya akan membantu kalian dalam menerapkan metode belajar yang pas sehingga dalam mengerjakan soal bisa lebih cepat dan tepat tentunya. Jika metode yang ditetapkan tidak tepat, maka kalian tidak akan mengetahui cara belajar yang pas sehingga hasilnya akan kurang maksimal.

  1. Tentor Berpengalaman

Hal yang terpenting dalam sebuah bimbel adalah tentor yang sudah berpengalaman terutama dalam ujian masuk PKN STAN. Jika suatu bimbel tidak memiliki tentor berpengalaman, maka kemungkinan besar tujuan pembelajaran tidak akan terarah dengan baik.

Jika tentornya berpengalaman tentu saja metode pembelajarannya akan lebih mudah dipahami dan dampaknya tentu saja kalian akan lebih mudah dalam menerima materi yang diajarkan. Perhatikan juga apakah bimbel STAN tersebut melakukan pembukaan lowongan dengan ketat serta training berkala.

Melihat penjelasan di atas tentunya kalian paham jika tentor berpengalaman akan memiliki pengaruh yang besar terhadap metode pembelajaran yang dilakukan. Maka sebelum memilih bimbel pastikan jika tentor yang ada benar-benar berpengalaman.

  1. Fasilitas Bimbel

Sesaat sebelum kalian melakukan bimbingan belajar, ada baiknya perhatikan berbagai macam fasilitas yang disediakan. Fasilitas yang memadai dalam sebuah bimbel tentu saja merupakan hal yang vital dikarenakan hal tadi akan mendukung dan mempermudah semua proses pembelajaran.

Beberapa contoh fasilitas yang memadai seperti kelas yang bersih, kelas kondusif, modul, lingkungan yang nyaman, akses teknologi semacam internet, jumlah maksimal siswa di dalam satu jelas dan lainnya.

Saat ini perkembangan teknologi sangatlah pesat, maka dari itu fasilitas untuk pembelajaran kelas online, tes online bahkan rapor untuk perkembangan pembelajaran selama di bimbel juga dilakukan secara online.

Keuntungannya bagi siswa jika ada materi yang dirasa kurang paham maka bisa mengaksesnya lagi secara online. Keuntungan sebagai orang tua yaitu akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi dengan adanya rapor online tadi.

Jadi itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan memilih tempat bimbel STAN yang benar-benar tepat. Biaya untuk mengikuti bimbel PKN STAN tidak murah, jika kalian sampai salah memilih tempat bimbel maka akan sia-sia saja. Untuk itu jangan lupa lakukan survei jauh-jauh hari atau meminta saran teman atau saudara yang sudah pernah mengikuti bimbel sejenis.