Lulus SMA: Kuliah Ataukah Kerja

By | March 17, 2022
Spread the love

Untuk kalian yang sudah menyelesaikan jenjang pendidikan SMA/SMK tentu saja ada beberapa rencana yang ingin dijalankan setelah lulus. Ada yang ingin langsung bekerja namun ada juga yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Perbandingan Kerja & Kuliah

Bekerja ataupun melanjutkan pendidikan setelah menyelesaikan pendidikan di SMA/SMK tentu saja memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri-sendiri. Supaya kalian tidak merasa bingung pada saat merencanakan tujuan hidup, ada baiknya kalian melihat perbandingan bekerja dengan berkuliah sebagai gambaran ke depannya.

  • Bekerja

Saat kalian memutuskan untuk bekerja tentu akan mendapatkan penghasilan sendiri. Akan tetapi kisaran gajinya tentu akan lebih kecil bila dibandingkan dengan lulusan S1 pada awal-awal kalian mulai merintis karier sebagai seorang pegawai.

Saat sudah berpenghasilan tentu saja kalian akan mandiri secara keuangan. Sehingga kalian akan menjadi lebih bebas pada saat mengatur keuangan, baik untuk biaya hidup, menabung ataupun kebutuhan yang lainnya.

Jenis profesi yang ditawarkan untuk lulusan SMA/SMK nyatanya cukup terbatas bila dibandingkan lowongan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tidak dipungkiri persaingan dalam dunia kerja tergolong cukup ketat, jika kalian hanya mengandalkan ijazah SMA/SMK saja jenjang kariernya tergolong diam di tempat atau stagnan.

  • Kuliah

Kuliah membutuhkan biaya yang tidak sedikit maka hal itu bisa menambah beban pengeluaran. Bahkan untuk biaya kuliah sampai selesai jumlahnya tidak sedikit bahkan mencapai puluhan juta. Tidak hanya itu saja saat kuliah tentunya kalian masih sangat bergantung pada orang tua.

Kebanyakan dari kalian yang sedang berkuliah belum memiliki penghasilan sendiri. Sehingga uang saku, biaya kuliah dan biaya hidup masih meminta kepada orang tua. Walaupun begitu keuntungan yang bisa kalian dapatkan setelah lulus yaitu peluang profesi lebih terbuka lebar.

Tentunya peluang untuk bekerja pada bidang yang kalian dalami saat kuliah akan lebih besar. Bahkan kalian juga bisa bekerja lintas bidang dan kesempatannya masih terbuka lebar. Kemudian jenjang kariernya menjadi lebih jelas karena bekal ijazah S1 tadi.

Solusi Kuliah Terhambat Biaya

Setelah melihat perbandingan tadi dan kalian memutuskan untuk berkuliah namun tidak ada biaya jangan khawatir. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa kalian praktikan tentunya jika ingin berkuliah namun terhambat masalah dana.

  1. Kuliah Sambil Bekerja

Jika kalian ingin tetap berkuliah tanpa membebani orang tua maka caranya yaitu kuliah sambil bekerja. Bagi kalian yang belum pernah melakukannya dan masih merasa ragu, maka berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Cari pekerjaan dengan waktu yang tergolong fleksibel, jadi waktu antara kuliah dan bekerja tidak saling bertabrakan. Pilihan pekerjaan yang bisa dipilih seperti part time ataupun kalian bisa menjadi seorang freelancer.

Jika kalian merasa tidak bisa mengikuti perkuliahan dengan jam reguler, maka kalian bisa memilih kelas karyawan karena akan lebih mudah dalam mengatur waktunya. Hal ini dikarenakan kelas karyawan dilakukan pada malam hari atau pada akhir pekan saja.

Usahakan untuk memilih jurusan disesuaikan dengan pekerjaan yang kalian tekuni, tujuannya tentu saja agar kalian lebih mudah dalam meningkatkan karier.

Jangan lupa menyisihkan sekitar 40% gaji sebagai dana yang digunakan untuk keperluan kuliah ataupun lainnya.

  1. Gunakan Pinjaman Pendidikan

Cara lainnya yaitu kalian bisa memanfaatkan pinjaman pendidikan karena beberapa bank memang menyediakannya. Jadi bagi kalian yang tidak bisa kuliah karena masalah biaya sudah tidak perlu bingung lagi.

Namun penting untuk diingat bahwa masing-masing produk pinjaman pendidikan dari masing-masing bank memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka sebelum memutuskan mengambil salah satu pinjaman, kalian teliti terlebih dahulu.

  1. Beasiswa

Saat ini sudah banyak lembaga masyarakat serta pemerintah yang memiliki program beasiswa untuk dana kuliah. Program beasiswa tersebut seperti bidikmisi, Djarum beasiswa plus dan lainnya. Jika kalian tertarik berkuliah dengan jalur beasiswa maka jangan malas untuk banyak-banyak mencari informasinya.

Program beasiswa biasanya akan diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu. Untuk mempermudah kalian jangan lupa cari informasi sebanyak-banyaknya di media sosial ataupun forum khusus untuk mendapatkan beasiswa.

Semakin cepat kalian mengetahuinya tentu akan lebih cepat pula kalian memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan. Persiapkan diri sebaik mungkin karena untuk mendapatkan beasiswa tadi akan ada banyak pesaingnya.

  1. Pikirkan Secara Matang

Saat kalian memutuskan bekerja ataupun melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan tentunya kedua hal tadi ada kelebihan dan kekurangannya. Ada baiknya pikirkan secara matang kedua pilihan tadi agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Selalu ingat bahwa apa pun yang kalian pilih nantinya harus didasari dengan niat yang baik. Jangan lupa dibarengi dengan usaha maksimal supaya kesuksesan yang diidam-idamkan baik bekerja ataupun berkuliah lebih mudah untuk diwujudkan.

Jangan lupa untuk minta pertimbangan orang tua, memang keputusan itu menyangkut hidup kalian namun jangan pernah lupa untuk melibatkan orang tua. Diharapkan dengan keterlibatan orang tua kalian akan mendapatkan pandangan yang lebih baik lagi ke depannya.